Kurikulum

KURUIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya keterampilan (hard skills) dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi

Uraikan secara ringkas kompetensi utama lulusan

Kompetensi utama menurut permendiknas No. 045/U/2002 adalah kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi. Program Studi PGSD merumuskan kompetensi utama, diawali dengan dilakukannya evaluasi diri dan Trace Studi. Hasil evaluasi diri dan Trace Studi  adalah rumusan visi dan misi, profil lulusan, bahan kajian dan kompetensi. Adapun lulusan kompetensi utama lulusan sebagai berikut.

Kompetensi utama lulusan program studi PGSD adalah seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab khususnya yang berkaitan dengan hard skills. Prodi PGSD diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) pendidikan dasar yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang berakhak mulia, demokratis, dan cerdas;
  2. Tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  3. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  4. Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan mata pelajaran di SD;
  5. Memahami karakteristik anak usia SD termasuk cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, serta latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya;
  6. Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis dan ilmiah;
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi secara sosial dan profesional, baik di lingkungan sejawat maupun masyarakat;
  8. Mampu mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
  9. Praktisi dan konsultan pendidikan ditingkatkan satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kulikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

Uraikan secara ringkas kompetensi pendukung lulusan

Kompetensi pendukung adalah kemampuan yang gayut dan dapat mendukung kompetensi utama serta merupakan ciri khas PT yang bersangkutan.

Kompetensi pendukung lulusan program studi PGSD merupakan seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab khususnya yang berkaitan dengan soft skills. Kompetensi pendukung yang diharapkan yakni:

a.    Mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.

  • Mampu melakukan penelitian yang berorientasi pada peningkatan proses belajar mengajar
  • Mampu meningkatkan profesi diri melalui penelitian ilmiah dan seminar-seminar
  • Mampu membentuk learning community dalam mengimplementasikan strategi maupun model pembelajaran terbaru yang telah dikembangkan
  • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan lesson study

b.    Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi pendidikan dasar.

  • Dapat memberikan informasi secara efektif kepada masyarakat tentang pendidikan dasar
  • Mampu menimbulkan minat masyarakat untuk peduli pada dunia pendidikan dasar.

Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Kompetensi lainnya adalah kemampuan yang ditambahkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan PT. Berikut ini adalah Uraian secara ringkas kompetensi lainnya pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

a.    Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran disekolah dasar secara bertanggung jawab

b.    Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik  perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran disekolah dasar

c.    Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKn, melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik

d.    Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri

e.    Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.

f.     Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi

g.    Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku

h.    Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan untuk pendidikan peserta didik SD/MI

i.      Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran, berkomunikasi, dan mengembangkan diri.

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Struktur Kurikulum

Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) :  146 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

Sks Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

137

Mata Kuliah Pilihan

8

8 sks diambil dari 16 sks pilihan
Jumlah Total

145

Download Tuliskan Struktur Kurikulum Berdasarkan Urutan Mata Kuliah