Visi Misi

Visi

Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjelang tahun 2020 adalah:

“Menjadi Penyelenggara Pendidikan Guru Sekolah Dasar Yang Unggul, Berbasis Laut Pulau”

Penjelasan Visi:

Dalam rumusan visi program studi di atas, pemakaian kata Menjadi Penyelenggara Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang Unggul Berbasis Laut Pulau” Memiliki makna tentang keberadaan Program studi PGSD FKIP-UNPATTI di tengah-tengah masyarakat khususnya di Provinsi Maluku, untuk memantapkan jati-dirinya dan berketetapan untuk terus memacu para dosen, peneliti dan mahasiswa agar berperan aktif dalam mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan IPTEKS tepat guna, berteknologi tinggi, futuristik dan berbasis sumberdaya lokal/local resources (laut pulau).

Kata “unggul” (excellence) dalam konteks visi di atas adalah memiliki makna substantif yang bernilai competitiveness tinggi. Keunggulan Program studi PGSD akan dibangun dari karya-karya akademik yang bersifat substansial dan dapat dipublikasikan baik pada skala nasional maupun internasional yang berbasis sumberdaya lokal/local resources (laut pulau). Dimensi keunggulan yang dikembangkan Program studi mengarah kepada lima pilar keunggulan yakni: (a) pendidikan; (b) penelitian; (c) pengabdian kepada masyarakat; (d) kemahasiswaan; dan (e) kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki keunggulan spesifik sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi. Kata unggul juga mencerminkan keinginan Program studi PGSD untuk tidak hanya sekadar sebagai ”pusat pengembangan keilmuan” tetapi juga sebagai ”pusat unggulan budaya lokal berbasis laut pulau yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar”. Makna keunggulan memberi arti bahwa program studi PGSD tidak sebatas hanya mengembangkan keilmuan, tetapi juga  mendorong dan mengalokasikan seluruh input, proses, dan ouput agar terimplementasi secara optimal dan menghasilkan revenue generating bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan berbasis budaya lokal.

Misi
Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unpatti adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan kompetensi sosial yang berkualitas berbasis laut pulau.
  2. Menyelenggarakan riset unggulan dan kolaboratif untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan ke-SD-an yang responsif dan mutakhir.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara profesional melalui penyebarluasan dan penerapan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  4. Mengembangkan jejaring dan kerjasama interdisiplin dengan berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan SD.
  5. Melaksanakan manajemen program studi yang akuntabel, transparan dan kredibel.
Tujuan
Sesuai Visi, Misi, maka tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bermutu berbasis laut pulau sehingga lulusan memiliki kemampuan akademik berkualitas dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan kreatif berbasis Ke-SD-an yang mampu bersaing pada level lokal, nasional, dan internasional
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu program studi.
  4. Menyelenggarakan layanan akademik dan keuangan yang transparan dan bertanggung jawab
Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran Program studi PGSD adalah terselenggaranya proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang pendidikan sekolah dasar di Maluku pada umumnya menjelang tahun 2020.

Untuk dapat mencapai tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar maka strategi yang digunakan adalah dengan menyusun rencana pengembangan kinerja program studi. Adapun indikator kinerja dan target pencapaian tujuan Program Studi PGSD Tahun 2015-2020 adalah:

Tujuan:  1. Menyelenggarakan pembelajaran bermutu berbasis laut pulau sehingga lulusan memiliki kemampuan akademik berkualitas dan berakhlak mulia.

Sasaran 1a: Meningkatkan kualitas sumberdaya dosen.

Sasaran 1b: Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran.

Indikator sasaran 1a dan 1b dirumuskan sebagai berikut.